Sabtu, 09 April 2016

Kisah Nyata : Orang Ini Lumpuh Tangan Setelah Di Nasehati Untuk Jangan Makan Dengan Tangan Kirinya




Kesombongan hanyalah membawa malapetaka. Ternyata ungkapan itu benar adanya. Bagaimana tidak, selain manusia tidak senang dengan perilaku orang sombong ternyata Allah SWT juga benci dengan orang sombong dan menyombongkan dirinya.

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung" (QS. 17 : 37) 

Ada suatu cerita tentang sahabat Nabi SAW yang pada masa Beliau diperingatkan untuk makan dengan menggunakan tangan kanannya, namun sahabat tersebut menolak dan menganggap dirinya tidak mampu makan dengan tangan kanan karena kesombongannya.


Seketika setelah sahabat tersebut menolak, maka Allah SWT melumpuhkan tangan kanan sahabat dan sampai meninggal sahabat tersebut tidak dapat mengangkat tangan kanannya. 

Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah bersabda, ‘Makanlah dengan tangan kananmu!’ Dia malah menjawab, ‘Aku tidak bisa.’ Beliau bersabda, ‘Benarkah kamu tidak bisa?’ -dia menolaknya karena sombong-. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya/” (HR. Muslim no. 2021)


Hal ini mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita bahwa kesombongan hanyalah membawa malapetaka bagi yang mengerjakannya. Selain itu Rasulullah SAW bersabda untuk selalu kita memakan dengan menggunakan tangan kita yang kanan dan dilarang untuk menggunakan tangan yang kiri dimana hanyalah Syaitan yang makan dengan tangan kirinya.

Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)


Kisah Nyata : Orang Ini Lumpuh Tangan Setelah Di Nasehati Untuk Jangan Makan Dengan Tangan Kirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zuhafs

0 komentar:

Posting Komentar